Informasi Teknologi Terkini, Blogging, SEO dan Bisnis Online

Manfaat Madu Murni

Madu adalah cairan yang dihasilkan oleh lebah yang manis rasanya. Madu sudah dipercaya sejak ribuan tahun yang lalu akan khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Tak heran manakala madu sering mesuk ke dalam komposisi obat tradisional. Madu sendiri memiliki rasa manis, sehingga banyak yang menyukainya mulai dari anak-anak hingga orang tua suka mengkonsumsi madu. Bahkan saat ini banyak jenis makanan dan minuman yang mengangkat rasa madu sebagai penguat rasa, seperti susu formula, minuman penyegar dan beragam jenis olahan makanan.

Madu berkhasiat untuk meningkatkan stamina, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, untuk mengobati luka dan untuk mencegah kanker karena kandungan antioksidan dan nutrisi lengkap lainnya. Hal ini tepat sekali sebagaimana yang telah disebutkan dalam Kitab Suci Al-Qur’an, bahwa madu terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan telah membuktikan bahwa madu memiliki kandungan senyawa yang sangat menguntungkan bagi kesehatan manusia. Beberapa kandungan madu yang ditemukan dalam madu seperti protein, vitamin, mineral, senyawa lainnya seperti zat besi, niasin, riboflavin, magnesium, kalsium, zinc dan masih banyak kandungan penting lainnya. Antioksidan hebat dalam madu yaitu flavonoid dan fenolat yang sangat bermanfaat untuk pencegahan kanker.

Tetapi sayangnya saat ini banyak madu palsu yang beredar dipasaran, sehingga bila dikonsumsi tidak akan memberikan khasiat dan manfaat yang optimal. Untuk memastikan madu murni anda harus bisa membedakan madu asli dan madu palsu dengan melakukan beberapa tes. Baca : Cara membedakan madu asli dan palsu. Adapun manfaat madu murni bisa optimal jika madu tersebut tidak dicampur dengan zat apapun.

Manfaat dan khasiat madu murni untuk kesehatan

Mencegah kanker

Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang, hal ini disebabkan karena kanker merupakan salah satu penyakit pembunuh terbesar. Madu kaya dengan kandungan antioksidan,  dimana senyawa ini akan melindungi tubuh dari timbulnya sel kanker.

Membantu meningkatkan daya ingat

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 102 orang lanjut usia, mereka diberikan madu 20 gram setiap hari. Pada responden yang diberikan madu selama beberapa waktu menunjukkan peningkatan daya ingat.

Mencegah kolesterol

Semakin hari penderita kolesterol semakin meningkat, mungkin ini disebabkan kurang sadarnya akan kesehatan tubuh. Kolesterol dipicu oleh gaya hidup tidak sehat seperti pola makan yang tidak benar, konsumsi junkfood, tidak pernah olahraga, kurang istirahan dan ditujang dengan kebiasaan buruk seperti merokok dan konsumsi alkohol. Anda jangan meremehkan kolesterol, perlu anda ketahui bahwa kolesterol merupakan salah satu penyumbang pada jantung koroner. Nah, untuk pencegahan kolesterol anda bisa mengkonsumsi madu secara rutin.

Menjaga kadar gula

Walaupun madu memiliki rasa manis, bahkan rasa manis madu lebih manis dari gula pasir, namun madu tetap aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal ini dikarenakan zat gula yang terdapat dalam madu memiliki indeks glikemik yang rendah. Untuk mencegah diabetes dan mengontrol kadar gula agar tetap normal anda bisa mengganti rasa manis gula pasir dengan madu.

Digunakan untuk mengobati batuk

Mengalami batuh sungguh tidak mengenakkan dan sangat mengganggu, bukan hanya mengganggu diri anda tetapi juga orang yang ada di sekeliling anda. batuk sendiri bisa terjadi pada siapa saja dari mulai balita hingga orang lanjut usia bisa menderita batuk. Berdasarkan penelitian dimana melibatkan beberapa anak kemudian diberikan madu dalam tujuh hari berturut-turut, dan menunjukkan mampu meredakan batuk dan gejala infeksi saluran pernafasan.

Meningkatkan sistem imun

Sistem kekebalan tubuh bisa naik dan bisa juga down, jika kekebalan tubuh sedag turun makan tubuh lebih rentan terserang virus atau penyakit, berbeda jika kekebalan tubuh sedang meningkat virus dan penyakitpun sulit menyerang tubuh. Nah, khasiat madu yang terbesar adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi madu setiap hari membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap fit.

Menjaga stamina tubuh

Madu juga berkhasiat untuk menjaga dan meningkatkan stamina, hal ini sebagaimana yang ditunjukkan oleh hasil penelitian pada sejumlah atlet yang diberikan madu sebelum bertanding. Pada atlit yang diberikan madu sebelum bermain, mereka memiliki stamina yang lebih baik dari pada atlit yang tidak diberikan madu.

Meningkatkan kesuburan pria dan wanita

Saat ini tersedia madu penyubur kandungan yang secara khusus diproses untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Anda bisa mengkonsumsi madu penyubur ini bila sulit hamil. Ini merupakan solusi untuk pasangan yang merindukan kehadiran buah hati.

Itulah manfaat dan khasiat madu murni untuk kesehatan tubuh, konsumsi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal dan satu lagi carilah madu murni.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Manfaat Madu Murni"

Back To Top