Informasi Teknologi Terkini, Blogging, SEO dan Bisnis Online

Cara Menghemat Kuota Internet Agar Tidak Cepat Habis

Internet adalah bagian smartphone yang tak dapat dipisahkan, karena nama smartphone sendiri itu ya memang berasal dari mobile phone yang memiliki fitur untuk dapat koneksi internet. Bagi pengguna smartphone, koneksi intenet sangat-sangat dibutuhkan. Bahkan tanpa adanya koneksi internet fungsi smartphone sendiri akan jadi lumpuh. Kenapa demikian? Karena hampir segala aktifitas dari smartphone menggunakan internet. Untuk layanan internet itu sendiri, kebanyakan orang menggunakan paket kuota terbatas, namun ada juga yang menggunakan paket kuota tak terbatas tapi biasanya dibatasi dengan durasi waktu.

Ketika smartphone kehabisan kuota internet maka penggunanya bisa gigit jari, bagaimana tidak, mereka hampir tidak bisa ngapa-ngapain, tidak bisa kirim email, WhatsApp, pesan BBM, update status, lihat status teman, dan tidak dapat menikmati layanan online lainnya. Smartphone yang digunakan saat itu bisa dikataka macet total. untuk menghemat kuota internet perlu adanya pola dalam penggunaanya. Agar kuota internet tidak cepat habis dan tidak gigit jari serta dapat menghemat kantong anda.

Jika ingin lebih menghemat pamakaian kuota internet anda, di bawah ini beberapa cara yang harus anda lakukan.

Hindari atau jangan terlalu sering mengakses video streaming

Semakin banyaknya penyedia layanan video streaming membuat anda semakin mudah untuk menemukan konten-konten video yang anda cari dan segera ingin menontonnya, diantara layanan tersebut seperti iTune, video film, YouTube, Hulu, Vimeo dan masih banyak lagi. Tahukan sobat bahwa mengakses video streaming adalah penyedot kuota internet baling banyak. Bahkan tercatat dapat menghabiskan kuota internet sebanyak 50 MB untuk mengakses video streaming dalam waktu satu menit.

Hindari atau jangan terlalu sering melakukan Video Chat

Hal lain yang dapat mempercepat quota cepat habis adalah melakukan obrolan video. Video Chat juga dipengaruhi oleh tingkat kualitas dan resolusi HD video, jika semakin tinggi maka akan semakin cepat pula menyedot kuota internet anda. Chatting via video chat dapat menghabiskan bandwidth 3MB untuk setiap menitnya.

Jangan mengakses musik streaming

Musik streaming sepert radio streaming juga dapat mempercepat kuota internet anda habis. Memang enak, mendengarkan musik streaming tinggal nyari lagu yang disukai dan tidak memerlukan ruang pada penyimpanan  lokal. Tetapi dari sisi lain dapat membuat kuota internet anda cepet habis. Musik streaming dengan resolusi 320 Kpbs dapat mengonsumsi kuota internet 2.4 MB setiap menit. Jika 2 atau 3 jam sudah berapa kuota yang hilang, tinggal mengkalikan saja.

Jangan bermain game online yang boros kuota internet

Jika ingin menghemat kuota internet anda, maka anda harus pandai memilih mana game yang boros kuota intenet dan yang paling sedikit mengonsumsi kuota internet. Jenis game yang banyak mengonsumsi kuota internet adalah jenis game online real-time action.

Jangan mengunggah file

Mengunggah file dengan reosolusi HD bisa memakan kuota internet hingga 200 MB per menit, jika 10 file HD yang anda unggah maka kuota yang anda pakai sudah 2 GB hanya untuk unggal/upload saja.

Kalau anda menginginkan kuota internet anda hemat dan lebih lama, anda perlu melakukan hal-hal yang seperti saya sebutkan diatas. Kuota internet hemat uang juga akan hemat.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Cara Menghemat Kuota Internet Agar Tidak Cepat Habis"

Back To Top